Kelahiran Inovasi Mobil Listrik di Indonesia

MG_0257

Dalam blog saya kali ini saya akan membahas mengenai sebuah inovasi dari manusia untuk meningkatkan perkembangan teknologi. Saya mengambil sebuah judul “Kelahiran Inovasi Mobil Listrik di Indonesia.” Sebelumnya saya jelaskan dulu apa tu mobil listrik.

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Dahulu mobil listrik sangat populer di akhir abad ke 19. Namun mobil listrik ditinggalkan karena teknologi mesin pembakaran dalam  yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Namun kita lihat sekarang di tahun 2013 ini. Harga bahan bakar pun menjadi mahal dan di salah satu tempat bahan bakar menjadi  langka. Mungkin sekarang sudah saatnya kita untuk mengembangkan lagi mobil bertenaga listrik.

Mobil listrik memliki banyak keuntungan namu juga ada kelemahannya. Salah satu keuntungannya yaitu

  • Mobil listrik memiliki beberapa keunggulan atas mobil berbahan bakar tradisional. Yang paling jelas dan yang paling sering dibicarakan adalah mobil listrik 100 persen bebas emisi. Hal ini berarti tidak seperti mobil berbahan bakar konvensional lain, mobil listrik tidak memberikan kontribusi terhadap dampak perubahan iklim.
  • Mobil listrik jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Efisiensi keseluruhan mobil listrik adalah 48 persen, secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25%.
  • Tidak seperti mobil tradisional, mesin mobil listrik sangat halus sehingga mereka tidak menyebabkan masalah polusi suara.
  • Mobil listrik juga menjamin keamanan maksimum karena tidak melibatkan bahan bakar minyak sehingga mereka tidak akan terbakar atau meledak jika menabrak sesuatu.
  • Mobil listrik juga sangat kompak dan nyaman.
  • Biaya isi ulang mobil listrik juga sangat terjangkau. Rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 2 sen per mil dibandingkan dengan 12 sen per mil pada kendaraan berbahan bakar konvensional.
  • Masa pakai motor mobil listrik diperkirakan sekitar 90 tahun, jika dikendarai sejauh lima puluh mil per hari.
  • Mobil listrik juga memiliki biaya pemeliharaan yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvesional karena mobil listrik hanya memiliki sekitar 5 bagian di motornya, dibandingkan dengan mobil tradisional yang memiliki ratusan komponen dalam mesin pembakaran internal.

Mobil listrik pun mempunyai kelemahan yaitu

  • Harga baterai mobil listrik masih tinggi, lebih dari $ 10000. Baterai yang mahal ini masih menjadi alasan utama di balik tingginya harga mobil listrik secara keseluruhan.
  • Fakta bahwa mobil listrik tidak bersuara saat hidup tak selalu merupakan suatu keuntungan karena senyapnya suara mobil bisa menimbulkan bahaya bagi orang buta, orang tua dan anak-anak.
  • Type mobil listrik masih terbatas dan juga mengisi ulang daya secara signifikan lebih lama dibandingkan dengan proses yang relatif cepat pada pengisian bahan bakar ke tangki pada mobil tradisional.
  • Ada juga masalah pemanasan. Mobil listrik yang digunakan dalam iklim yang lebih dingin memerlukan banyak energi untuk memanaskan interior dan defrost jendela. Pada kendaraan yang menggunakan BBM, proses pembakaran sudah mentransfer panas dari mesin, sedangkan pada mobil listrik pemanas membutuhkan energi ekstra dari baterai mobil.

Di indonesia sudah mengembangnya mobil listrik tersebut. Saya ambil contoh salah satu perguruan tinggi di surabaya yaitu Institut Sepuluh November (ITS) mempersembahkan mobil listrik jenis 4-Seater Electric City Car yang secara resmi diluncurkan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, Sabtu (26/1/2017).

Lahirnya EC-ITS 1.0 menjadi awal yang bagus untuk perkembangan mobil listrik di Indonesia. Pasalnya, saat ini pemerintah sedang mengembangkan proyek Mobil Listrik Nasional (MOLINA) yang digawangi oleh lima perguruan tinggi nasional. Mereka adalah ITS, ITB, UGM, UI dan UNS.Untuk komponen utama dari EC-ITS 1.0 sendiri hampir seluruhnya buatan anak ITS.

Mulai dari sistem penggerak, platform, body design, hingga sistem kontrol. Hanya baterai dan motor saja yang terpaksa harus beli karena penelitian yang dilakukan masih belum selesai. Nantinya seluruh komponen mobil ini murni dari ITS. Namun di 2013 Mobil listrik masih belum bisa diaplikasikan karena kendala masih di persoalan baterai. Jadi sejauh ini masih bersifat konsep dan pengembangan.

Persoalan baterai pun dinilai berpengaruh terhadap pasar kendaraan ini di Tanah Air. Pihak Toyota Astra Motor dalam sebuah kesempatan juga menyatakan bahwa mereka masih kurang yakin terhadap pengembangan pasar mobil listrik, khususnya kendala soal teknologi baterai. Baterai memang jadi soal utama dimana pengelolaannya tidak mudah, pembuangannya harus dipikirkan, tidak bisa main buang sembarangan dan juga baterai yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan akan dikembalikan ke Jepang untuk daur ulang atau pemusnahan jika dianggap limbah.

Pengembangan mobil listrik diharapkan memiliki baterai dengan kapasitas yang tidak terbatas, bentuk yang lebih kompak dan ringan, serta memiliki jarak tempuh yang lebih jauh. Toyota pusat sendiri lebih mengembangkan mobil listrik untuk kendaraan dengan jarak tempuh yang dekat. Dalam hal ini, hybrid belum dianggap bisa menengahi persoalan tersebut karena kembali lagi bahwa inti masalah ada pada pengembangan baterai.

Hingga hari ini, PT Toyota Astra Motor memasarkan dua model hybrid-nya lewat Camry dan Prius. Adapun Honda menghadirkan CR-Z yang mulai diperkenalkan kembali pada IIMS 2012 lalu. Selain dua nama ini, Lexus, yang juga berafiliasi dengan Toyota turut memasarkan SUV RX 450 h.

Dengan demikian kita masih perlu mengkaji dan mencari solusi mengenai persoalan tersebut. Agar inovasi dari karya itu dapat kita pakai di indonesia ini dengan catatan hasil karya bangsa kita sendiri.

Link Karya 2 : Perkembangan Kursi Roda Manual Hingga Berbasis Android

Link Karya 3 : Inovasi STTAL Kembangkan Senjata Berbasis Android

Bersama URINDO Raih Prestasi

Cari Informasi Kuliah di URINDO:

www.urindo.ac.id

Lomba ini diselenggarakan oleh

BEM FTI URINDO

Terus pantau kegiatan kami di:

www.bemfti.urindo.ac.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s